Sabtu, 24 Maret 2012

Berita Internasional

32.000 Rumah Rusak Akibat Gempa 7,4 SR di Meksiko


AFP
Mexico City, Meski tidak menimbulkan korban, namun gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) yang menerjang Meksiko telah merusak sekitar 32 ribu rumah warga. Kerusakan rumah warga banyak terjadi di negara bagian Guerrero dan Oaxaca yang terletak cukup dekat dengan pusat gempa.

Gubernur Negara Bagian Guerrero, Angle Aguirre, menyatakan sedikitnya 30 ribu rumah warga rusak akibat gempa. Dari jumlah itu, sekitar 800 rumah di antaranya hancur total.

Namun tambahnya, otoritas setempat telah mempersiapkan rumah penampungan bagi sekitar 200 keluarga yang kehilangan tempat tinggal.

Sementara Gubernur Negara Bagian Oaxaca, Cabino Cue seperti dilansir oleh AFP, Kamis (22/3/2012), menyatakan sedikitnya 2 ribu rumah warga dan bangunan publik rusak akibat gempa.

Di ibukota Mexico City yang terletak cukup jauh dengan pusat gempa juga terkena dampak. Walikota Marcelo Ebrard menuturkan, sebanyak 250 ribu warga Mexico City tidak mendapat akses air yang memadai karena sejumlah pipa rusak.

Sebelumnya diberitakan, gempa bumi berkekuatan 7,4 SR terjadi di wilayah Meksiko. Sempat muncul peringatan tsunami lokal. Badan Survei Geologi AS atau US Geological Survey (USGS) mencatat, gempa terjadi sekitar pukul 01.00 WIB dinihari, Rabu (21/3) waktu setempat. Pusat gempa berada sekitar 193 km timur kota Acapulco, pantai Pasifik Meksiko, yang berada di antara negara bagian Guerrero dan Oaxaca. Gempa diikuti sejumlah gempa susulan yang membuat warga panik dan berhamburan ke jalanan.

Gempa ini dianggap sebagai yang terkuat pasca gempa hebat pada tahun 1985 silam. Saat itu, gempa berkekuatan 8,1 SR menewaskan 6 ribu hingga 30 ribu orang di Meksiko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar